Rabu 13 Sep 2017 15:01 WIB

Pangeran Charles Catatkan Rekor Baru Kerajaan Inggris

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Pangeran Charles
Foto: Reuters/Mark Blinch
Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Pangeran Charles baru saja membuat sejarah. Pada Ahad (10/9), ia melewati sebuah tonggak bersejarah untuk menjadi Prince of Wales yang paling lama menjabat dalam sejarah. Yakni, selama 59 tahun, satu bulan, dan 15 hari bertugas.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Rabu (13/9), Charles (68) telah dinobatkan sebagai Prince of Wales oleh ibunya, Ratu Elizabeth pada 1969 di Caernarfon Castle ketika ia berusia 20 tahun. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh nenek moyangnya, Edward VII, putra seorang raja lama lainnya, Ratu Victoria, yang menjadi Raja pada 22 Januari 1901.

Kedua pria ini menorehkan catatan mereka karena keadaan yang sama. Edward VII dan Charle putra sulung ratu, yang ditakdirkan untuk memerintah selama periode sejarah.

Ibu Bertie, Ratu Victoria, sampai saat ini, adalah raja Inggris yang paling lama memerintah, selama 63 tahun dan 216 hari. Jabatan itu sekarang dipegang oleh Ratu saat ini, Elizabeth II, yang memasang rekor baru pada 9 September 2015.