Jumat 15 Sep 2017 20:30 WIB

Ribuan Umat Islam Cianjur Galang Dana untuk Rohingya

Red: Endro Yuwanto
Pesawat bantuan untuk masyarakat Rohingya akan diberangkatkan ke Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Pesawat bantuan untuk masyarakat Rohingya akan diberangkatkan ke Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9).

REPUBLIKA.CO.ID,  CIANJUR -- Ribuan umat Islam yang tergabung dalam Konsorsium Ormas Islam Plus Cianjur, Jawa Barat, melakukan aksi jalan kaki menggalang dana untuk membantu Muslim Rohingnya di Myanmar. Aksi di sepanjang Jalan Protokol Cianjur, Jumat (15/9) itu menyedot perhatian warga.

Aparat kepolisian terpaksa melakukan rekayasa arus dengan menutup sejumlah ruas jalan yang dilalui rombongan. Sebagian besar peserta aksi membawa pamflet berbagai tulisan seperti "Save Rohingya" dan "Usir Dubes Myanmar dari Indonesia".

Sekretaris Konsorsium Ormas Islam Plus, Ahmad Yani, mengatakan, ribuan peserta yang hadir satu suara untuk mendukung dan mendoakan umat Islam di Rohingnya. "Sebagai sesama umat Islam, wajib mebantu saudara. Kami di sini berniat untuk mencari ridho Allah SWT, mengorbankan harta dan jiwa raga untuk saudara kita di Myanmar," katanya.

Ahmad menjelaskan, dalam aksi tersebut dilakukan penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan sebagai bantuan untuk Muslim Rohingnya. "Sebelum kegiatan sudah terkumpul Rp 36.336.000 dari donatur. Tapi diharapkan setelah kegiatan bisa lebih besar lagi," katanya.