Sabtu 16 Sep 2017 21:27 WIB

AS Masih Belum Aman dari Ancaman Badai

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Petugas memotong batang pohon pascabadai Irmai di Miami, Amerika Serikat.
Foto: EPA
Petugas memotong batang pohon pascabadai Irmai di Miami, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) belum sepenuhnya pulih dari dampak badai Harvey dan Irma yang menghantam secara beruntun. Namun dalam kondisi yang masih kritis, AS kembali harus bersiap menghadapi terjangan badai Norma yang dilaporkan tengah mendekat dari Semenanjung Baja Kalifornia pada Jumat (15/9).

Sepekan setelah badai Irma memporak-porandakan Florida, AS, misi pemulihan dan evakuasi mulai menunjukkan hasil. Hal ini terutama karena telah kembalinya beberapa sumber listrik di daerah tersebut.

Panti jompo adalah salah satu tempat yang membutuhkan bantuan segera. Pusat Rehabilitasi di Hollywood Hills, misalnya. Pasien panti jompo di sana membutuhkan penanganan intensif karena masih belum pulihnya sumber listrik.

Salah satu perawat, yakni Judy Frum, menyaksikan bagaimana kepelikan situasi di Pusat Rehabilitasi di Hollywood Hills. Petugas paramedis merawat pasien yang sakit kritis di dekat pintu masuk. Sebagian petugas lainnya, dengan tergesa-gesa, berusaha membawa pasien ke sebuah ruangan di mana kipas masih bertiup.