Jumat 29 Sep 2017 13:34 WIB

Legislator Usulkan Pembuatan Film Sulyan HB IX

Red: Ratna Puspita
Sri Sultan Hamengku Buwono IX dalam upacara penyerahan kedaulatan di Istana Negara tahun 1950.
Foto: dok. Anri
Sri Sultan Hamengku Buwono IX dalam upacara penyerahan kedaulatan di Istana Negara tahun 1950.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Komisi D DPRD Kota Yogyakarta mengusulkan pembuatan film yang menceritakan sosok pahlawan sekaligus raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX melalui APBD 2018 dengan dana sekitar Rp 1 miliar. "Tujuannya adalah agar generasi muda mengerti dan meneladani sosok yang komitmen kebangsaannya tidak perlu diragukan lagi," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto di Yogyakarta, Jumat (29/9).

Menurut dia, usulan tersebut sudah disampaikan saat pembahasan perencanaan APBD 2018 bersama Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Selain itu, lanjut dia, melalui film tersebut dapat sekaligus mempromosikan Kota Yogyakarta serta keraton yang menjadi bagian penting dari keberadaan ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

"Yogyakarta pun memiliki banyak sutradara yang terkenal mampu menghasilkan karya-karya film yang baik, seperti Garin Nugroho dan Hanung Bramantyo," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, organisasi perangkat daerah yang dipimpinnya tidak memiliki kewenangan untuk menggarap film dengan durasi yang panjang.