Sabtu 30 Sep 2017 17:05 WIB

HDCI Meriahkan International Bandung Bike Week

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah
Ribuan anggota Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) hadir di kawasan Gedung Sate pada acara penandatanganan kerjasama Kartu Co-Branding Bank BJB dengan HDCI di sela- sela acara Semarak Pesta Rakyat HUT Provinsi Jabar ke-72, di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (30/9).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ribuan anggota Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) hadir di kawasan Gedung Sate pada acara penandatanganan kerjasama Kartu Co-Branding Bank BJB dengan HDCI di sela- sela acara Semarak Pesta Rakyat HUT Provinsi Jabar ke-72, di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (30/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seribuan pengendara sepeda motor besar (Harley Davidson) hadir di kota Bandung dalam gelaran International Bandung Bike Week (IBBW) yang akan berlangsung hingga Ahad (1/10) esok. Dalam acara pembukaan IBBW, para anggota komunitas motor besar itu juga melakukan upacara di kawasan Gedung Sate Festival, Jalan Diponegoro, Sabtu (30/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang juga merupakan Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan disambut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Selain dari berbagai provinsi di Indonesia, hadir juga biker dari belasan negara, mulai dari Inggris, Amerika Serikat, Brunei, Filipina, sampai Australia.

Menurut Nanan Soekarna, pihaknya berupaya mendukung perkembangan budaya dan kesenian di Jawa Barat. Selain itu, berupaya juga meningkatkan gairah industri pariwisata dan industri kreatif di Jawa Barat, terutama Bandung.

"Ada sekitar 1.000 bikers mendatangi Bandung, dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara," ujar Nanan.

Nanan berharap, kedatangan komunitas penggemar motor besar ke Bandung mampu mendukung sektor pariwisata Jawa Barat.

"Hotelnya penuh, dan produk-produk kreatifnya bisa dibeli para bikers," kata dia.

Ahmad Heryawan menyambut baik kedatangan bikers di Jawa Barat. Kedatangan bikers ini dinilai memeriahkan HUT ke-72 Jawa Barat. Gubernur yang akrab disapa Aher ini pun mempersilakan para bikers berwisata menjelajahi Jawa Barat.

"Kegiatan kita semakin semarak, semakin sempurna saja urusan kita hari ini. Memang kalau ingin merasakan keramah-tamahan rakyat yang penuh senyuman, sangkat tepat bikers datang ke Jabar," kata Aher yang dalam kesempatan tersebut memakai rompi HDCI.

Aher mengatakan sangat mengapresiasi semangat HDCI dalam mengkampanyekan keselamatan lalu lintas dan keberpihakannya pada budaya dan seni Jawa Barat. Hal ini ditunjukkan dengan HDCI yang akan menggelar event permainan angklung, jaipong, dan rampak kendang secara kolosal.

Gubernur pun akhirnya mengajak para bikers untuk menonton kebudayaan sunda lainnya, yakni wayang golek yang akan diperagakan sebagai acara penutup Gedung Sate Festival, Sabtu (30/9).

Dalam kegiatan itu, Gubernur Jawa Barat menyerahkan angklung dan iket sunda secara simbolik kepada Ketua Umum HDCI. Setelah upacara usai, para biker melakukan kegiatan rolling thunder keliling Kota Bandung dan kembali ke Click Square.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement