Advertisement
Advertisement

In Picture: MPM Tanam Ribuan Bibit Lada dan Gaharu di Kampung Baru Rajan

Ahad 01 Oct 2017 21:18 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, BERAU --- Majelis Pemberdayaan Masyarakat Muhammadiyah (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama denga Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia serta KEHATI menggelar Tanam Raya Bibit  Lada dan Gaharu bersama masyarakat adat kampung Batu Rajang, Segah, Kabupaten Berau pada (1/10) siang. Terdapat 49.500 bibit lada dan 24.750 bibit gaharu yang ditanam di lahan demplot dan lahan masyarakat seluas 200 hektar. 

Selain lada dan gaharu, masyarakat juga diajak menanam 525 paket bibit empon-empon seperti jahe merah, kungit, sere , lengkuas dan temulawak. Serta 214 bibit sayuran berupa cabe rawit, tomat, terong, kangkung cabut, bayam cabut, timun oare, sawi cabut. Dan 7500 paket bibit tanaman hutan seperti Meranti dan Sengon.
 
Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir bersama Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noorjannah Djohantini secara simbolis mengawali penanaman perdana pohon gaharu di lahan masyarakat yang telah disediakan.
 
Ketua MPM Muhammmadiyah, Nurul Yamin mengatakan penamanan bibit tersebut merupakan program MPM Muhammmadiyah untuk merestorasi ekosisteem hutan tropis, melalui pengembangan hasil hutan non kayu. Dengan demikian diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat kampung Batu Rajang. Dilain sisi kata dia, prograam itu juga bertujuan untuk mengurangi emisi karbon serta sebagai pemberdayaan masyarakat Batu Rajang. 
 
Program ini merupakan ikhtiar simultan untuk mengatasi persoalan lingkungan dan ekologis yaitu dengan restorasi hutan untuk pengurangan emisi karbon di satu sisi, sementara di sisi lain sekaligus meningkatkan kesejahteraan dengan mengurangi kemiskinan, katanya. 
 
Sementara itu, Ketum Muhammadiyah, Haedar Nashir mengapresiasi program yang dilakukan MPM di Batu Rajang. Menurutnya pemberdayaan masyarakat melalui budidaya tanaman yang memiliki nilai ekonomi dapat mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat kampumg Batu Rajang. Sebab itu, tak hanya melakukam pendampingan, MPM Muhammadiyah juga menginisiasi lahirnya koperasi Ilu Udip Mading yaknk sebuah koperasi kampung yang dibentuk masyarakat untuk pengembangan hasil budidaya tanaman. 

Saya bangga dan optimis sekaligus bersyukur, kita mengawali penanamman lada dan gaharu ini. Serta lahirnya koperasi, ini akan bermanfaat, mari kita lakukan bersama-sama, katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 

Ikuti Berita Republika Lainnya