Senin 09 Oct 2017 07:33 WIB

Ketika Utsman Mendanai Jaisy Al-‘Usrah...

Rep: Mgrol97/ Red: Agus Yulianto
Sundial warisan Kekhalifahan Utsmaniyah
Foto: arthistoricalmagazine.com
Sundial warisan Kekhalifahan Utsmaniyah

REPUBLIKA.CO.ID,  Utsman adalah salah satu dari sepuluh orang terpilih sebagai penghuni surga. Dia mendapakan gelar Dzu Al-Nurain (yang dianugerahi dua cahaya) karena menikahi dua putri Rasulullah SAW. Utsman terkenal seorang kaya raya dan banyak sekali kisah yang menceritakan kedermawanannya. Salah satunya saat dia mendanai Jaisy Al-‘Usrah (Pasukan dalam Kesusahan).

Dikutip dari buku 'Para penggenggam Surga' karya Syaikh Muhammad Ahmad ‘Isa, pada tahun sembilan Hijriyah kerajaan Romawi sedang berada dalam kejayaan. Romawi yang kala itu dipimpin oleh Heraklius berencana menyerang Jazirah Arab. Terlebih keberadaan Rasulullah SAW bersama kaum Muslimin kala itu sampai ke telinga Heraklius, membuatnya penasaran dan bernafsu untuk menaklukannya.

Kabar ini sampai kepada Rasulullah SAW dan Beliau sambut dengan seruan kepada kaum Muslimin untuk berjihad. Namun, kala itu jazirah Arab sedang mengalami puncak musim panas. “Temperatur udara sangat tinggi sampai-sampai panasnya hampir melelehkan gunung,” kata Khalid Muhammad Khalid, seorang penulis sastra sejarah dari Mesir.

Akibat musim panas tersebut terjadi kekeringan yang menyebabkan kaum Muslimin mengalami paceklik, sehingga jika harus berjihad mereka bingung untuk memperoleh perbekelannya dari mana. Kondisi yang seperti itu membuat Rasulullah SAW menyeru kepada para sahabatnya untuk mendanai pasukan Jaisyul ‘Usrah atau pasukan dengan keadaan sulit.