Jumat 13 Oct 2017 11:15 WIB

Borobudur Bukti Kebesaran Islam di Indonesia?

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Candi Borobudur
Foto: IndonesiaTravel
Candi Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini mengatakan, Candi Borobudur merupakan salah satu bukti kebesaran Islam di Indonesia. Karena, menurut dia, umat Islam juga turut menjaga dan merawat warisan budaya tersebut.

Helmy juga menceritakan kekagumannya terhadap almarhum Gus Dur yang juga pernah menyebut salah satu bukti kebesaran Islam di Indonesia adalah Candi Borobudur. Namun, ia mengaku, saat itu belum menangkap pesan Gus Dur tersebut.

"Memang Borobudur itu bukti kebesaran Islam di Indonesia di mana umat Islam ikut merawat, mengunjungi dan menjaganya. Coba kalau di Jeddah? Jangankan candi, situs-situs bersejarah seperti rumah Sayyidah Khodijah hilang," ujarnya saat membuka festival sastra religi di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, Kamis (12/10).

Menurut dia, berdasarkan penelitian situs bersejarah di Arab Saudi saat ini sudah tinggal 30 persen. Karena itu, agar tidak terjadi seperti di Arab Saudi, situs bersejarah di Indonesia harus tetap dijaga.