Sabtu 14 Oct 2017 15:31 WIB

Enam Tokoh Hebat Dunia Penderita Disleksia

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tokoh-tokoh hebat penderita disleksia.
Foto: berbagai sumber
Tokoh-tokoh hebat penderita disleksia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disleksia adalah kondisi yang membuat seseorang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Umumnya disleksia terlihat sejak masa kanak kanak.

Dengan kendala itu, penderita kerap memiliki kemampuan belajar di bawah rata-rata anak lain. Anak penderita disleksia kerap kali mengalami ejekan, perundungan, dan bahkan intimidasi. Buntutnya mereka sering merasa bodoh, depresi, dan terisolasi.

Padahal, disleksia tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan dan kreativitas seseorang. Tokoh-tokoh hebat ini membuktikannya. Hidup dengan disleksia, mereka malah berhasil menjadi orang-orang berpengaruh yang mengubah dunia. Siapa saja?

Berikut enam tokoh besar dunia penderita disleksia seperti dikutip dari dyslexiaonline:

Albert Einstein

Namanya identik dengan kata jenius. Siapa sangka, penemu teori relativitas ini ternyata penderita disleksia. Einstein kabarnya sering gagal mengingat hal-hal sederhana. Ia tak bisa mengingat jumlah bulan dalam setahun. Namun dia bisa berhasil menyelesaikan formula matematika tersulit.

Pablo Picasso

Picasso adalah maestro yang menjadi salah satu ikon penting abad 20 dalam hal pergerakan seni. Kemampuannya dalam bidang seni disebut-sebut dipicu disleksia.

Steven Spielberg

Siapa pecinta film fiksi yang tak mengenal Spielberg. Sutradara paling populer dan paling berpengaruh sepanjang masa ini didiagnosa mengidap disleksia pada 2007.

John Lennon

Penyanyi dan penulis lagu legendaris yang mendirikan the Beatlles, band tersukses dan berpengaruh sepanjang masa. Sedikit yang menyadari, di balik popularitasnya, terselip perjuangan Lennon melawan penyakit disleksia yang diidap sejak kecil. Talenta musik dan karakter Lennon tidak akan terbentuk tanpa perjuangannya melawan disleksia.

Richard Branson

Di balik kesulitan dan tantangan hidup dengan disleksia, Branson dianugerahi bakat bisnis luar biasa. Ia sedang menjalankan proyek pesawat luar angkasa komersil pertama di bawah perusahaannya Virgin Galaytic.

Tom Cruise

Tom Cruise menjadi salah satu aktor termahal dan paling berpengaruh di industri film. Pemeran utama Top Gun ini mampu mengantongi lisensi pilot, meski dikenal sempat berjuang menghadapi disleksia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement