Selasa 17 Oct 2017 15:55 WIB

Sangkil Mangkus, Anies-Sandi Bisa Optimalisasi Ziswaf

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Irfan Syauqi Beik
Foto: istimewa
Irfan Syauqi Beik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru menyasar kelompok bawah, instrumen zakat, infak, sedekah, dan wakaf bisa dimanfaatkan dan dikombinasikan dengan program lain. Instrumen keuangan sosial Islam ini sangkil mangkus memberdayakan warga miskin.

Direktur Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah (CIBEST) IPB Irfan Syauqi Beik menjelaskan, bila program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 memang fokus menyasar kelompok bawah ada instrumen ziswaf yang bisa diberdayakan dan dikombinasikan dengan program lain dalam pengentasan kemiskinan.

Keberadaan Bazis DKI sudah jadi modal besar untuk mendayagunakan sumber keuangan sosial Islam. Penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) bisa dioptimalisasi dengan menyentuh segmen yang belum tersentuh.

Pada sisi pedayagunaan, ZIS bisa untuk Program Oke Oce untuk pengusaha yang memang dhuafa. ''Sehingga tidak semua program menunggu alokasi APBD,'' kata Irfan kepada Republika.co.id, Selasa (16/10).