Rabu 18 Oct 2017 19:44 WIB

Riset I2: Media Internasional Beri Rapor Biru untuk Jokowi

Red: Muhammad Fakhruddin
Presiden Jokowi sudah mengeluarkan paket ekonomi jilid II.
Foto: Setkab
Presiden Jokowi sudah mengeluarkan paket ekonomi jilid II.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang telah melewati tahun ketiga tak pernah lepas dari sorotan media internasional. Kebijakan politik keamanan dan ekonomi pemerintahan Jokowi menjadi dua isu yang mendominasi pemberitaan media asing.  

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence) mencatat, sepanjang tanggal 7 Oktober 2016-1 Oktober 2017, total pemberitaan tentang pemerintahan Jokowi di 286 media daring asing mencapai 5.323 berita.

 "Apabila isu ekonomi relatif lebih banyak mendapatkan sorotan dalam sisi netral dan positif, isu politik keamanan ada beberapa hal yang masih memperoleh framing negatif," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang dalam hasil riset bertajuk "Rapor Merah Rapor Biru Jokowi: Kajian Analisis Media Asing Berbahasa Inggris" seperti dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (18/10).