Sabtu 21 Oct 2017 19:39 WIB

Bulan Ini RPTRA Intiland Teduh Adakan Pasar Pangan Murah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Tak hanya RPTRA Intiland Teduh, di tempat lain pekerja menyelesaikan pembangunan Ruang Publik Ramah Terpadu (RPTRA) di Jalan Simpang Tiga Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (2/10).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tak hanya RPTRA Intiland Teduh, di tempat lain pekerja menyelesaikan pembangunan Ruang Publik Ramah Terpadu (RPTRA) di Jalan Simpang Tiga Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh akan mengadakan pasar pangan murah. Kegiatan ini akan menjadi kali kelima yang diadakan oleh mereka.

Kegiatan pasar pangan murah dilakukan setiap bulannya. Dalam kegiatan tersebut, pengurus RPTRA bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) menyiapkan empat jenis bahan pangan.

 

"Yang dijual nanti ada empat jenis. Ada beras, daging ayam, daging sapi, dan telur. Bisa dibeli masing-masing atau semuanya," ujar Nita Utami selaku pengurus RPTRA Intiland Teduh ditemui di RPTRA, Karet, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10).

 

Harga yang dipasang pada tiap bahan pangan adalah untuk beras ukuran lima kilogram Rp 30 ribu, daging sapi satu kilogram Rp 35 ribu, daging ayam beku satu ekor Rp 8.000, dan telur satu kilogram Rp 12.500. Warga yang dapat membeli di pasar pangan murah adalah mereka yang memiliki KJP, Pekerja Harian Lepas, dan warga rusunawa.

 

Setiap bulannya, RPTRA yang disahkan tanggal 30 Desember 2015 ini bisa menjual hingga 600 buah per-bahan yang disediakan. Hal ini menurut Nita sudah melebihi target yang ada.

 

"Disini sih selalu memenuhi target. tiap bahan bisa 600 buah terjual. Hampir habis. Ya minimal mencapai target lah," ucap Nita

 

Tiap warga yang ingin membeli bahan di pasar ini hanya diizinkan membeli satu buah setiap bahan. Warga yang tidak membeli bahan di bulan sebelumnya tidak boleh mengakumulasikan jumlah bahannya di bulan ini.

 

Menurut Nita, target tiap RPTRA yang mengadakan pasar pangan murah adalah mampu menjual sebesar 50 persen bahan. Jika tidak memenuhi target, maka bahan yang tersisa akan dialihkan ke RPTRA lainnya. Nantinya RPTRA mana yang akan dituju menjadi keputusan PPAPP.

 

"Kalau tidak mencapai target, bahan itu bisa dialihkan ke RPTRA lain. Target itu minimal 50 persen dari jumlah bahan yang disediakan. Nantinya RPTRA mana yang diberikan itu diatur oleh PPAPP lagi," ujar Nita

 

Kegiatan pasar pangan murah ini dilakukan setiap satu bulan sekali. Pengaturan jadwal dilakukan oleh PPAPP.

 

Pasar pangan murah di RPTRA Intiland Teduh akan dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2017. Kegiatan ini dilakukan di pagi hari. Bagi masyarakat yang ingin membeli khususnya bagi penerima KJP dan PHL, bisa datang membawa bukti KJP dan PHLnya serta membawa kartu DKI karena pembayaran dilakukan menggunakan kartu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَالَّذِيْنَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَالْاِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ اِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ اُوْتُوْا وَيُؤْثِرُوْنَ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۗوَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَۚ
Dan orang-orang (Ansar) yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah ke tempat mereka. Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (Muhajirin), atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan. Dan siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

(QS. Al-Hasyr ayat 9)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement