Rabu 25 Oct 2017 08:28 WIB

Baznas Beri Bantuan Modal Usaha Pedagang

Baznas
Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Amil Zakat Nasional Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan bantuan modal usaha kepada ratusan pedagang bakulan di kota itu. Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram H Djaswad mengatakan, untuk program bantuan ekonomi kerakyatan tahun ini Baznas akan menyasar sebanyak 200 pedagang bakulan di setiap kelurahan.

"Satu pedagang, akan mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu, yang dibagikan secara berkelompok," kata dia, Rabu (25/10)

Menurutnya, pelaksanaan program bantuan bagi pedagang bakulan tersebut saat ini dalam tahap verifikasi data dan survei, tujuannya agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Baznas Kota Mataram menginginkan batuan modal usaha tersebut tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Karena itulah pemberian bantuan bagi pedagang bakulan sangat selektif.

Ia mengatakan, bantuan modal yang diberikan kepada ratusan pedagang bakulan ini tidak dikembalikan, seperti halnya bantuan modal dana bergulir. Akan tetapi, para penerima bantuan akan dibina petugas Baznas untuk berinfak setiap hari dari hasil usaha mereka. Misalnya, satu kelompok pedagang bakulan yang beranggotan 5-10 orang, diminta untuk berinfak sehari Rp500 hingga Rp1.000 per orang.

"Kalau mereka beranggotakan 5 orang dengan kesepakatan infak satu orang Rp1.000, maka sehari satu kelompok pedagang bakulan bisa berinfak Rp5.000," katanya.

Infak sebesar Rp5.000 per hari dari setiap kelompok pedagang bakulan itulah yang dikumpulkan dan disalurkan melalui Baznas Kota Mataram.

"Infak dari pedagang tersebut, bisa dihimpun kembali untuk berbagai kegiatan serupa bagi pedagang bakulan lainnya. Dengan demikian, akan tercipta saling membantu di antara pedagang bakulan," ujarnya.

Menurut mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram ini, dana bantuan bagi pedagang bakulan itu bersumber dari zakat, infak dan sedekah (ZIS), yang dihimpun dari aparatur sipil negara (ASN) muslim lingkup Pemerintah Kota Mataram.

"Kegiatan pemberian bantuan modal usaha bagi pedagang bakulan ini merupakan salah satu program kegiatan Baznas dari puluhan kegiataan sosial yang kami laksanakan," ujarnya menambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement