Jumat 27 Oct 2017 00:03 WIB

Hujan Deras, Longsor Terjadi di Dua Desa di Garut

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Hazliansyah
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dua kejadian longsor terjadi masing-masing di Kecamatan Bungbulang dan Pakenjang, Kabupaten Garut, Kamis (26/10). Guyuran hujan deras diduga menjadi penyebab terjadinya longsor.

Kasubag Humas Polres Garut Ajun Komisaris Ridwan Tampubolon mengatakan telah memperoleh laporan mengenai kejadian longsor di Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang. Material longsoran menutup badan jalan desa sepanjang kurang lebih sepuluh meter. Aktivitas warga pun sempat terganggu.

"Dampaknya tidak terlalu besar karena yang tertutup jalan desa, bukannya jalan provinsi yang banyak dilintasi kendaraan," katanya pada wartawan, Kamis.

Dampak longsor tak berlangsung lama menutup jalan. Sebab warga setempat segera bahu-membahu membersihkan material longsoran dari badan jalan. Saat ini, jalan tersebut sudah kembali bisa dilalui.

Longsor juga terjadi di Kampung Gunung Wayang Desa Depok, Kecamatan Pakenjang. Longsor yang terjadi pukul 14.00 WIB sempat menutupi badan jalan provinsi. Walau begitu skalanya tidak terlalu besar.

"Bersama unsur Muspika dan aparat pemerintahan desa, warga setempat juga langsung berupaya menyingkirkan material longsoran dari badan jalan. Sama halnya dengan longsor yang terjadi di wilayah Bungbulang, di Pakenjeng juga tak sampai menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Ia mengimbau kepada warga dan para pengguna jalan yang melintas di kawasan selatan Garut lebih meningkatkan kewaspadaan. Sebab dikhawatirkan sepanjang jalan di kawasan selatan rawan terjadi bencana longsor.

"Apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang ini," sebutnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement