Ahad 29 Oct 2017 11:11 WIB

Kemenhub Tambah Kapal Kontainer Besar untuk Tol Laut

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini
Kapal pengangkut kontainer, ilustrasi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Kapal pengangkut kontainer, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan meluncurkan satu unit kapal kontainer tipe 100 TEUs di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Ahad (29/10). Kapal kontainer dengan kecepatan 12.00 Knot itu dinamakan KM Kendhaga Nusantara 11.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Bay M Hasani mengatakan kapal tersebut merupakan kelanjutan dari penandatanganan kontrak pembangunan kapal kontainer pada 2015. "Saat peluncuran ini pembangunan kapal telah mencapai sekitar 70 persen," kata Bay dalam pernyataan tertulis, Ahad (20/10).

Kapal tersebut dibangun dengan menggunakan biaya Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (APBN). Anggaran untuk membangun kapal terdebut kurang lebih mencapai Rp. 113,34 miliar.

Untuk itu, Bay memastikan kapal tersebut dan kapal lain yang dipesan untuk mendukung dalam mewujudkan program tol laut. "Kemenhub telah memesan 15 unit kapal kontainer yang dibangun di beberapa galangan kapal di Indonesia. Dua unit diantaranya dibangun di Galangan Kapal PT. IKI Makassar," kata Bay.