Ahad 29 Oct 2017 16:25 WIB

Pertamina Luncurkan Aplikasi Pesan Antar LPG

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Budi Raharjo
Petugas memasang segel ke tabung Elpiji Bright gas 5,5 kilogram. (ilustrasi)
Foto: Mahmud Muhyidin
Petugas memasang segel ke tabung Elpiji Bright gas 5,5 kilogram. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- PT Pertamina (Persero) meluncurkan aplikasi Bright Home Service untuk memberikan layanan optimal kepada masyarakat khususnya konsumen LPG. Bright Home Service merupakan aplikasi pelayanan pesan antar (home delivery) berbasis digital melalui gawai.

"Ini untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan dan pembelian produk LPG yakni Bright Gas 5,5 kilogram dan Bright Gas 12 kilogram serta LPG 12 kilogram untuk kebutuhan sehari-hari," kata Vice President Domestic Gas Kusnendar, saat peluncuran Aplikasi Bright Home Service di Surabaya, Ahad (29/10).

Kusnendar menjelaskan, melalui aplikasi Bright Home Service, konsumen dapat dengan mudah memesan produk LPG lewat aplikasi pada gawai. Kusnendar menjamin pelayanan yang diberikan dalam pemesanan tersebut akan profesional dan tepat waktu (on-time) hingga LPG diantar sampai ke tangan konsumen.

Kusnendar menambahkan, diluncurkannya aplikasi Bright Home Service juga sebagai salah satu upaya Pertamina untuk terus melahirkan inovasi baru yang dapat menunjang kebutuhan konsumen. "Di sisi lain, aplikasi ini diharapkan dapat mendukung penjualan dan pengembangan pasar Bright Gas," ujar dia.

Kusnendar menjelaskan cara pemesanan aplikasi Bright Home Service. Dimana, pengguna terlebih dahulu mengunduh aplikasi Bright Home Service secara gratis di Google Play Store Android kemudian mendaftarkan akun dalam aplikasi.

Selanjutnya konsumen melakukan pemesanan pada menu Pesan Gas dengan memilih jenis produk LPG yang diinginkan, termasuk jumlah yang dibutuhkan. Kemudian memasukan alamat dan waktu pengiriman. Di akhir, konsumen akan mendapatkan Bukti Pesan (e-invoice) dan pembayaran dilakukan saat LPG telah sampai diantar ke konsumen (cash on delivery).

Dalam aplikasi ini, konsumen juga dapat mengecek ataupun melacak status pemesanan serta mendapatkan berbagai informasi promo produk LPG. Pada bulan pertama, aplikasi Bright Home Service ditargetkan meraih downloaders sebanyak 13.300 pengguna (user).

Untuk tahap awal, kota Surabaya menjadi pilot project (uji coba) aplikasi, dimana konsumen dapat melakukan pemesanan Bright Gas melalui aplikasi Bright Home Service di wilayah 4 (empat) Kecamatan di Kota Surabaya. "Yakni meliputi Kecamatan Sukomanunggal, Kecamatan Sambikerep, Kecamatan Dukuh Pakis dan Kecamatan Sawahan," ujar Kusnendar.

Kusnendar juga mengungkapkan beberapa promo yang akan diberikan dalam aktivasi bulan pertama aplikasi Bright Home Service. Promo itu diantaranya potongan harga LPG untuk pembelian Tabung Perdana dan Penukaran Isi Ulang (Refill) Bright Gas 5,5 kilogram, Bright Gas 12 kilogram, dan Elpiji 12 kilogram. Ada juga promo potongan harga untuk tukar tambah (trade in) LPG 3 kilogtam dan LPG 12 kilogram ke LPG Bright Gas.

Setelah tahapan uji coba, aplikasi ini akan terus dikembangkan dan disempurnakan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang dinamis. Ke depan, aplikasi Bright Home Service ditargetkan dapat menjangkau seluruh konsumen secara nasional pada pertengahan tahun 2018," ujar Kusnendar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement