Jumat 03 Nov 2017 03:04 WIB

Ribuan Warga Palestina Gelar Demo Kecam Deklarasi Balfour

Rep: kamran dikarna/ Red: Budi Raharjo
 Warga Palestina di Gaza City, Kamis (12/10), menyambut gembira kesepakatan rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah.
Foto: AP/Khalil Hamra
Warga Palestina di Gaza City, Kamis (12/10), menyambut gembira kesepakatan rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah.

REPUBLIKA.CO.ID,RAMALLAH -- Ribuan warga Palestina, pada Kamis (2/11), menggelar demonstrasi untuk mengecam peringatan 100 tahun deklarasi Balfour. Aksi ini dihelat di beberapa kota di Palestina.

Dilaporkan laman kantor berita Palestina WAFA News Agency, sebuah demonstrasi besar menentang peringatan deklarasi Balfour digelar di Ramallah. Aksi serupa pun dilangsungkan di Yerusalem, Jenin, Salfit, Tubas, Hebron, dan Nablus. Sedangkan di Gaza, demonstasi anti-deklarasi Balfour digelar di luar gedung PBB.

Aksi ini diikuti oleh berbagai kalangan rakyat Palestina. Mulai dari mahasiswa, tokoh masyarakat sipil, aparat keamanan Palestina, hingga perwakilan faksi politik. Dalam aksinya, mereka mengibar-ngibarkan bendera Palestina dan bendera hitam sebagai penanda bahwa deklarasi Balfour telah melukai Palestina.

Massa aksi pun mengecam Inggris selaku pihak yang bertanggung jawab atas terbitnya deklarasi Balfour. Mereka menuntut pemerintah Inggris meminta maaf kepada rakyat Palestina atas penderitaan yang dialaminya sebagai dampak deklarasi Balfour.