Kamis 23 Nov 2017 19:23 WIB

Bank BUMN Mulai Gencar Kembangkan Layanan Keuangan Digital

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Model menunjukan layanan Mandiri Online saat peluncuran mandiri Online di Plasa Mandiri, Jakarta, Senin (21.3).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Model menunjukan layanan Mandiri Online saat peluncuran mandiri Online di Plasa Mandiri, Jakarta, Senin (21.3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri perbankan kini mulai gencar menyediakan layanan digital bagi nasabah. Hal itu menjadi senjata bagi bank untuk menghadapi maraknya kemunculan perusahaan financial technology (fintech).

Bank Mandiri pun pada kuartal pertama tahun ini telah meluncurkan Mandiri Online. Perlu diketahui, Mandiri Online merupakan aplikasi yang menggabungkan Mandiri Internet dengan Mandiri Mobile.

"Mandiri Online jadi salah satu inisiatif kita untuk masuk ke digital banking," ujar Direktur Digital Banking dan Teknologi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans saat dihubungi Republika.co.id, Kamis, (23/11). Ia sempat menambahkan, kehadiran Mandiri Online juga untuk memperkuat strategi retail banking sekaligus mendukung operasional perusahaan melalui peningkatan efisiensi.

Sebelumnya, Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) berencana meluncurkan dua aplikasi digital pendukung bisnis treasuri pada tahun depan. Pasalnya, salah satu tantangan perbankan kini yaitu maraknya kemunculan perusahaan financial technology (fintech).

Seperti diketahui, fintech menyediakan berbagai layanan keuangan berbasis teknologi. Dengan begitu memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan keuangan tanpa harus datang ke kantor cabang.

"Terkait produk, tantangannya sekarang fintech. Maka ini harus direspon oleh Divisi Treasuri BNI, kita harus bisa berikan bisnis treasuri lebih baik," ujar Head of Treasury BNI Feri Andajaya.

Ia menyebutkan, dua aplikasi yang tengah dikembangkan Divisi Treasuri BNI yakni BNI Smart Forex Web Client dan BNI FX Mobile. Feri menjelaskan, BNI Smart Forex Web Client merupakan web khusus untuk nasabah yang ingin melakukan transaksi valuta asing.

"Jadi di situ nanti, ada terpampang kurs, kemudian nominal berapa. Jadi orang bisa mau beli atau jual, tergantung sisi mana yang dia lakukan," jelasnya.

Dirinya menegaskan, aplikasi itu memungkinkan nasabah untuk bertransaksi valuta asing di mana pun serta kapan pun sebab dijalankan menggunakan jaringan internet. "Kurs yang ditampilkan pun real time kurs. Jadi perubahan kurs yang ada di market juga otomatis akan berubah di situ," tutur Feri.

Diharapkan, lewat aplikasi tersebut, nasabah bisa mendapatkan harga terbaiknya dalam bertransaksi. Sebab nasabah bisa langsung memanfaatkan pergerakan market untuk mendapatkan harga bagus.

Sementara itu, fitur BNI FX Mobile akan ditambahkan ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking yang selama ini sudah ada. "Di BNI Mobile Banking tadinya baru ada pelayanan transaksi rupiah, maka kita akan tambah fitu untuk transaksi valuta asing. Jadi ketika dia buka aplikasi dari ponsel, di situ dia masuk ke transaksi," jelas Feri.

Ia menuturkan, lewat fitur tersebut, nasabah pun bisa melakukan transfer valuta asing. Baik ke bank lain maupun ke sesama BNI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement