Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

PSSI Rekrut Pemain Timnas Putri dari Piala Pertiwi 2017

Selasa 28 Nov 2017 09:42 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Turnamen sepak bola wanita. (ilustrasi)

Turnamen sepak bola wanita. (ilustrasi)

Foto: Republika/ Maspril Aries

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI mulai melakukan rekrutmen skuat timnas perempuan untuk gelaran Asian Games 2018. Lewat Piala Pertiwi 2017, tim pelatih timnas perempuan akan menyeleksi para pemain.

Piala Pertiwi tahun ini akan digelar di Palembang, salah satu kota tuan rumah Asian Games 2018 selain Jakarta. Dalam siaran pers yang diumumkan PSSI, Selasa (28/11), Piala Pertiwi direncanakan menggunakan Stadion Bumi Sriwijaya dan Gelora Jakabaring. Turnamen ini akan diikuti oleh 13 tim peserta dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Dari tim wilayah yang ikut Piala Pertiwi, PSSI membaginya ke dalam empat grup. PSSI mengklaim, Grup A sebagai grup kuat dengan tim Jawa Barat, Papua Barat, serta Jambi. 

PSSI merencanakan kick-off perdana Piala Pertiwi pada 3 Desember. Gelaran tersebut akan dihelat sampai 8 Desember mendatang. Ajang ini juga dijadikan PSSI untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik untuk pembentukan tim nasional wanita Indonesia untuk Asian Games 2018.

Pada gelaran lain, Kaukus Anak Gawang juga mengakomodasi sejumlah pesepak bola perempuan nasional yang tak tertampung di gelaran Piala Pertiwi. Kelompok pegiat sepak bola perempuan nasional itu menggelar Piala Bengawan III 2017. 

Berbeda dengan Piala Pertiwi yang diikuti tim-tim mewakili Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI di daerah-daerah. Piala Bengawan mempertandingkan klub-klub sepak bola di sejumlah wilayah Indonesia. Piala Bengawan akan diikuti oleh tujuh tim dari wilayah Jakarta, Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), serta Jawa Barat (Jabar).

Piala Bengawan, rencananya bakal kick-off perdana pada 17 Desember dan berakhir pada 24 Desember di Stadion Sriwedari, Solo. Dari delapan tim yang diundang, tujuh yang sudah memastikan ikut Piala Bengawan.

Achmad mengatakan Kaukus Anak Gawang berharap tim pelatih timnas tak cuma memberikan tempat bagi pemain-pemain bentukan Asprov. Sebab, kata dia, semestinya para penggawa timnas berasal dari tim-tim yang mengikuti turnamen saat kompetisi sepak bola perempuan di Tanah Air tak juga terbentuk.

“Selain kelanjutan program kampanye sepak bola wanita, beberapa pemain yang tidak tercover di program federasi, coba kami fasilitasi di sini,” ujar Achmad.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile