Rabu 29 Nov 2017 23:05 WIB

Nelayan Indramayu Dapat Bantuan Kendaraan Berpendingin

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu
Nelayan (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Nelayan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Para nelayan di Desa Karangsong, Kecamatan/Kabupaten Indramayu menerima bantuan dua unit kendaraan berpendingin. Dengan adanya kendaraan itu, maka kualitas ikan milik mereka bisa lebih terjaga.

Bantuan kendaraan berpendingin dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI itu diserahkan oleh Bupati Indramayu, Anna Sophanah, di TPI Karangsong, Rabu (29/11). Dua unit kendaraan berpendingin tersebut diserahkan kepada KPL Mina Sumitra dan KUB Sumber Rejeki. Penyerahan bantuan itu dihadiri oleh ratusan nelayan, para pemilik kapal, serta berbagai pelaku perikanan lainnya yang ada di Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu, Anna Sophanah, menyatakan, pemberian kendaraan berpendingin tersebut merupakan upaya menjaga agar kualitas ikan yang akan dikirim tetap segar. Sehingga bisa meningkatkan harga jual kepada konsumen.

Selama ini, ikan yang dikirim banyak yang rusak saat sampai tempat tujuan karena proses distribusi yang kurang maksimal. "Harga ikan pun akhirnya jadi jatuh," tutur Anna.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, Abdur Rosyid Hakim menambahkan, Kabupaten Indramayu sebenarnya mengusulkan enam unit bantuan kendaraan roda enam berpendingin itu. Namun, saat ini baru diberikan dua unit karena waktu pengerjaannya yang lama.

"Insya Allah yang empatnya tahun depan," terang Hakim.

Hakim menerangkan, kapasitas setiap kendaraan berpendingin itu bisa memuat sekitar delapan ton ikan. Dengan adanya kendaraan tersebut, maka ikan bisa tetap beku hingga sampai di lokasi pemasaran.

"Jadi kualitas ikan tetap terjaga, harganya tetap tinggi," ucap Hakim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement