Jumat 01 Dec 2017 17:00 WIB

Pohon Tumbang di Ciwidey Sempat Tutup Akses Jalan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Karta Raharja Ucu
Pohon tumbang.   (ilustrasi)
Foto: Antara/Rudi Mulya
Pohon tumbang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Hujan deras disertai angin kencang, Kamis (30/11) malam tidak hanya membuat 42 pohon tumbang di Kawasan Situ Cileunca. Di tempat yang berbeda, akibat dampak Siklon Dahlia tersebut, lima pohon besar tumbang yang berada di sisi Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung, Jumat (1/12).

Akibat pohon tumbang tersebut, arus lalu lintas dari arah Bandung menuju berbagai objek wisata dan ke Cianjur Selatan sempat terputus hingga beberapa jam. Evakuasi pohon tumbang berhasil dilakukan aparat kepolisian, BPBD Kab Bandung dan personil TNI.

Salah seorang warga Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Dadang Sumpena (50) mengatakan sepanjang Kamis (30/11) malam hujan deras disertai angin kencang terjadi di sekitar wilayah Rancabali dan sekitarnya. Kemudian, warga memilih siaga karena dikhawatirkan terjadi bencana longsor atau banjir.

"Malam tadi hujan dan angin kencang besar sekali seperti badai. Kami siaga khawatir ada bencana. Terus kami dengar ada beberapa pohon di pinggir jalan yang tumbang dan menutup jalan," katanya, Jumat (1/12).

Ia mengatakan pohon yang tumbang dan menutup akses jalan berukuran besar. Kemudian setelah peristiwa itu terjadi warga dan aparat berinisiatif menyingkirkan pohon yang menutup akses tersebut. Namun, karena hujan dan angin kencang masih terjadi membuat evakuasi menjadi terhambat.

Menurutnya, jika dilakukan evakuasi saat itu juga bisa membahayakan keselamatan. Sehingga pihak kepolisian memutuskan pembersihan dilakukan Jumat (1/12) pagi.

Kapolsek Ciwidey AKP Dwi Nugroho membenarkan kejadian tersebut kemudian setelah kejadian pohon tumbang pihaknya berusaha memindahkan pohon yang menutup akses jalan. Namun karena kondisi hujan yang masih deras membuat proses evakuasi ditunda.

Menurutnya, tim yang terdiri dari Kecamatan Rancabali, Damkar, BPBD dan juga Koramil Ciwidey, seperti Kecamatan, Damkar dan BPBD memutuskan untuk melaksanakan proses evakuasi setelah angin dan hujan sedikit mereda.

"Beruntung dalam kejadian tersebut tak ada korban jiwa. Kalau soal kerugian materi, kami belum bisa memperkirakannya," ungkapnya.

Sementara itu, 42 pohon besar tumbang menimpa bangunan kios pujasera, kantor, bungalow dan taman bermain serta bagian sisi GOR Pelatnas Dayung dan MCK di kawasan wisata Situ Cileunca, Kab Bandung. Empat pohon menimpa area pujasera, satu pohon menutupi area parkir, 13 pohon di area bungalow dan kantor serta 9 di area bermain dan 15 pohon menimpa GOR Pelatnas Dayung. Akibatnya, bangunam yang rusak di area pujasera sebanyak 12 kios. Sebelas unit kios yang diisi 10 pedagang makanan dan minuman serta satu pedagang pakaian, rusak berat dan satu unit rusak ringan merupakan pedagang makanan.

Pengelola Objek Wisata Situ Cileunca Abah Surinta mengatakan beruntung tidak ada korban jiwa karwna para pemilik kios memang tidak tinggal disana jika malam. Setelah hujan reda atau pagi hari, katanya pihaknyaangsung kerja bakti membereskan pohon pohon yang tumbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement