Ahad 03 Dec 2017 06:46 WIB

Orang Kaya Ini Dibakar Dahi, Lambung, dan Punggung, Mengapa?

Rep: Mgrol97/ Red: Agus Yulianto
Gelandangan dan pengemis (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Gelandangan dan pengemis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut sebagian musafir, Allah SWT memang mengkhususkan orang kaya akan dibakar dahi, lambung, dan punggungnya. Sebab, ketika melihat orang miskin, orang kaya biasanya akan langsung mengerutkan dahi karena angkuh dan benci melihatnya (orang miskin)  meminta-minta.

Dikutip dari Ensiklopedia Alquran bahwa dalam hal ini, hati orang kaya yang kikir akan lalai mengingat Allah SWT. Sementara lambungnya berhadapan dengan hatinya, inilah salah satu alasan kenapa lambungnya yang dibakar.

Demikian pula bila berpapasan dengan orang miskin, umumnya orang kaya (yang kikir) akan segera membalikkan tubuhnya dan memunggungi  si miskin. Karena itulah, punggungnya akan dibakar di hari Kiamat. Allah SWT berfirman mengenai tempat kembalinya orang yang menumpuk dan menimbun harta serta menghalangi orang miskin mendapatkan haknya:

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. (Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam Neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung, dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu. “ (QS. At-Taubah: 34-35)