Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Air Danau Dadakan di Gunung Kidul Sudah Surut

Senin 04 Dec 2017 13:34 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Seorang warga mengambil air di tengah telaga yang mulai surut airnya (ilustrasi)

Seorang warga mengambil air di tengah telaga yang mulai surut airnya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Air danau dadakan di Dusun Wediwutah, Desa Ngeposari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah surut. Namun kini menyebabkan puluhan hektare lahan pertanian rusak. "Lahan pertanian yang rusak akibat genangan itu sekitar 35 hektare, karena terendam selama beberapa hari, otomatis tanaman di sana mati semua," kata Kepala Dusun Wediutah, Diarto, di Gunung Kidul, Senin (4/12).

Ia mengatakan akibat luapan air dari Sumber Mata Air Ngreneng telah menggenangi lahan seluas kurang lebih 30 hektare. Selain luas, ketinggian air yang berwana bening kehijauan itu kira-kira mencapai 20 meter. Ketinggian air diketahui karena ada tiga tiang listrik di area luapan yang tenggelam hingga tidak terlihat.

Diarto mengatakan pihaknya masih menghitung jumlah terdampak genangan air tersebut. "Saat ini masih dihitung secara pasti jumlah kerugian akibat genangan itu," katanya.

Ia mengatakan sumber air yang disebut juga wireneng itu saat ini debit airnya mendekati normal. Oleh warga sekitar sumber air tersebut dikenal karena kejernihan airnya. "Sekarang alirannya sudah normal seperti biasa, namun menyisakan lumpur di bekas genangan air," katanya.

Warga Wediwutah Adi Suwito mengatakan melubernya sumber Ngreneng sempat membuat dirinya khawatir. Dia dan keluarganya sempat mengemasi barang di rumahnya untuk mengungsi. Setiap malam warga menandai ketinggian air dengan menaruh batu di sekitar jalan antar dusun. "Istri saya sudah mengemasi baju jika sewaktu-waktu air naik sampai ke rumah," ucapnya.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile