Selasa 05 Dec 2017 10:32 WIB

Kopi Sigararutang Jadi Andalan Ekspor Sumut

Red: Indira Rezkisari
Biji kopi
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Biji kopi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kopi varietas Sigararutang menjadi komoditas andalan petani Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Kopi ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis lainnya serta lebih tahan penyakit.

Kepala Dinas Pertanian Humbang Hasundutan Junter Marbun di Doloksanggul, Selasa (5/12), mengatakan, petani kopi di daerah itu dalam beberapa tahun terakhir mengembangkan kopi varietas Sigararutang yang lebih memiliki nilai ekonomis dan kualitasnya lebih baik sehingga cocok untuk pasar ekspor.

"Humbang Hasundutan memiliki suhu udara antara 17-29 derajat Celcius dan berada di ketinggian 1.000-1.400 mdpl sangat cocok untuk perkebunan kopi. Beberapa produk kopi khas Humbang Hasundutan adalah kopi Lintong dan Kopi Dolok Sanggul," katanya.

Kopi varietes Sigarutang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2015/kpts/SR.120/4/2005 tertanggal 12 april 2005. Varietes itu ditemukan antara pertanaman kopi di Opung Sopan Boru Siregar di Desa Batu Gajah, Kecamatan Peranginan yang berada di ketinggian 1.400 mdpl