Selasa 05 Dec 2017 18:01 WIB

150 Toko Halal ICMI Diluncurkan di Indramayu

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum ICMI Pusat,  Jimly Asshiddiqie didampingi Bupati Indramayu, Anna Sophanah (kerudung hijau), Ketua ICMI Orda Kabupaten Indramayu yang juga Wakil Bupati Indramayu, Supendi (baju putih) didampingi pengurus ICMI Pusat, ICMI Orwil Jabar dan ICMI Orda Indramayu, dalam acara Launching 150 Toko Halal ICMI Orda Kabupaten Indramayu, di Wisma Haji Indramayu, Selasa (5/12).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Ketua Umum ICMI Pusat, Jimly Asshiddiqie didampingi Bupati Indramayu, Anna Sophanah (kerudung hijau), Ketua ICMI Orda Kabupaten Indramayu yang juga Wakil Bupati Indramayu, Supendi (baju putih) didampingi pengurus ICMI Pusat, ICMI Orwil Jabar dan ICMI Orda Indramayu, dalam acara Launching 150 Toko Halal ICMI Orda Kabupaten Indramayu, di Wisma Haji Indramayu, Selasa (5/12).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) OrganisasiDaerah (Orda) Kabupaten Indramayu meluncurkan 150 Toko Halal. Diharapkan, keberadaan toko itu mampu memberdayakan ekonomi masyarakat.

 

Peluncuran 150 Toko Halal ICMI itu dilakukan oleh Ketua Umum ICMI Pusat, Jimly Asshiddiqie di Wisma Haji Indramayu, Selasa (5/12). Dalam kesempatan itu, turut hadir pengurus ICMI Pusat, ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Jabar, ICMI Orda Kabupaten Indramayu, Bupati Indramayu Anna Sophanah dan unsur Forkompimda Kabupaten Indramayu. "Mari gerakkan ekonomi masyarakat,"ujar Jimly.

 

Ketua ICMI Orda Kabupaten Indramayu Supendi menyebutkan, 150 Toko Halal ICMI itu tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Indramayu. Dia mengakui, masih ada 11 kecamatan dari total 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu yang belum terdapat Toko Halal ICMI.

 

Namun, Baznas Indramayu juga memberikan bantuan untuk enam warung ICMI. "Peluncuran Toko Halal ICMI ini merupakan upaya dalam rangka memberdayakan ekonomi masyarakat Indramayu," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu itu.

 

Supendi menyebutkan, setiap Toko Halal ICMIdi Kabupaten Indramayu akan mendapat bantuan modal sebesar Rp 15 juta. Dia berharap, bantuan tersebut dapat menggerakkan usaha para pemilik Toko Halal.

 

Supendi menambahkan, Kabupaten Indramayu memiliki banyak produk unggulan. Seperti misalnya beras, dengan produksinya yang mencapai 1,8 juta ron gabah kering panen (GKP), dengan kebutuhan hanya 250 ribu ton.

 

"ICMI Indramayu siap memasok kebutuhan beras untuk Toko Halal ICMI di daerah lainnya," ujar Supendi.

 

Selain beras, Supendi menyebutkan, Indramayu juga memiliki produk  perikanan yang  berlimpah. Dia menegaskan, ICMI Indramayu punsiap mengirimkan produk perikanan ke daerah lainnya.

 

Dalam kesempatan yang sama Bupati Indramayu Anna Sophanah, menyambut baik peluncuran 150 Toko Halal ICMI di daerah yang dipimpinnya. Dia menilai, keberadaan toko tersebut menjadi bagian dari upaya menyejahterakan masyarakat dan  mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat.

 

"Saya pesan (kepada pengurus ICMI) tolong para penerima bantuan ini diberi pelatihan sehingga mereka bisa menjalankan usaha dan berkembang dengan baik. Tidak berhenti," tandas Anna.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement