Kamis 14 Dec 2017 15:01 WIB

Raja Salman Bertekad Lawan Korupsi di Arab Saudi

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Raja Salman
Foto: Reuters
Raja Salman

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud mengatakan, pemerintahnya saat ini telah bertekad untuk menghadapi korupsi dengan tegas dan adil. Ia menilai pemberantasan korupsi akan berdampak pada peningkatan pembangunan di negaranya.

"Kami telah memutuskan, dengan bantuan Allah SWT, untuk menghadapinya (korupsi) dengan keadilan dan ketegasan sehingga negara kita dapat menikmati kebangkitan dan pembangunan yang diinginkan setiap warganegara," kata Raja Salman ketika berpidato di dewan konsultatif Shura, Rabu(13/12).

Raja Salman mengaku mendukung operasi penangkapan terhadap para pejabat atau keluarga kerajaan yang terlibat korupsi. Ia bahkan mengatakan telah memerintahkan pembentukan sebuah komite yang lebih tinggi untuk melawanserta memberantas praktik korupsi di negaranya.

Menurutnya pemberantasan korupsi penting dilakukan untuk mendorong reformasi ekonomi Saudi bertajuk Vision 2030. Dalam reformasi ekonomi ini, Saudi diharuskan untuk menemukan sumber pendapatan baru dan taklagi bergantung pada komoditas minyak. "Namun korupsi merupakan salah satu ancaman utama bagi pembangunan ekonomi," ujar Raja Salman.