Ahad 17 Dec 2017 15:31 WIB

Presiden Serukan Ukhuwah di Depan Kader Kokam dan Banser

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Jokowi
Foto: Debbie Sutrisno / Republika
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 20 ribu pemuda Islam dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah mendeklarasikan komitmen perdamaian dan jaga bumi. Deklarasi dibacakan dalam Apel Kebangsaan dan Penanaman Pohon di Lapangan Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo bertindak langsung sebagai pembina upacara, yang berpesan jika semangat kegiatan itu menjadi pondasi penting kedamaian di Indonesia. Menurut Jokowi, ukhuwah Islamiyah, wathaniyah (kebangsaan) dan basariyah (kemanusiaan) dan tolerannya Islam di Indonesia menjadi inspirasi dunia menciptakan perdamaian.

"Sebagai pewaris darah juang para ulama KH Hasyim Asy'ari dan KH Ahmad Dahlan, kita harus mencontoh mereka sebagai pejuang yang menciptakan Islam rahmatan lil alamin di Indonesia ini," kata Jokowi, Sabtu (16/12).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengungkapkan, tema Pemuda Hebat Menjaga Bumi dipilih untuk menegaskan komitmen pemuda Indonesia menjaga bumi NKRI tercinta. Menurut Imam, komitmen itu penting agar Indonesia tetap lestari untuk kebaikan generasi, secara ideologis serta ekologis.