Kamis 21 Dec 2017 16:26 WIB

Ini Pesan Lagu Terakhir Jonghyun untuk Penggemarnya

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kim Jonghyun
Foto: AP
Kim Jonghyun

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pada konser solo terakhirnya, SHINee Jonghyun dilaporkan bercerita mengenai lagu yang baru saja dia tulis. Lagu tersebut diciptakan untuk menghibur orang-orang yang kehilangan orang yang dicintai.

Selama konser solonya 'INSPIRED' pada tanggal 10 Desember Jonghyun mengungkapkan lima lagu baru termasuk lagu yang dia ciptakan sendiri yang berjudul "Only One You Need". Judul lagu koreanya sendiri dibaca 'Hwansang-Tong' yang secara harfiah diterjemahkan menjadi 'Rasa sakit Phantom' yaitu gejala psikologis yang merasakan sakit di suatu bagian tubuh sementara sesungguhnya sakit itu tidak ada.

Sambil mengenalkan lagu tersebut, tutur dia dikutip dari Soompi, Jonghyun menjelaskan, "Ini adalah lagu yang saya tulis karena saya ingin mengatakan bila anda merasa sakit akrena orang yang anda dicintai dulu ada namun sekarang sudah pergi, jangan terlalu sedih."

Meskipun Jonghyun dijadwalkan untuk comeback dengan lagu baru tersebut pada Januari 2008 dia tidak mengungkapkan hal tersebut saat konser. Dirinya malah menyanyikan lagu tersebut untuk pertama kalinya di depan penggemar saat konser.

Setelah anggota SHINee tersebut meninggal dunia secara tidak terduga pada 18 Desember, banyak penggemar dan selebriti berbagi kesedihan atas kehilangan mereka. Jenazah Jonghyun sendiri dimakamkan pada 21 Desember dengan anggota SHINee lainnya memimpin prosesi pemakaman. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement