Jumat 22 Dec 2017 09:27 WIB

Facebook dan Universal Music Group Jalin Kerja Sama Bisnis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Facebook. ILustrasi
Foto: Mashable
Facebook. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook Inc dan Universal Music Group telah menjalin kesepakatan kerja sama bisnis global. Melalui kerja sama ini, para pengguna Facebook dapat mengunggah musik dari koleksi Universal Music di jaringan media sosial mereka termasuk Instagram dan Oculus.

Melalui kesepakatan tersebut, Facebook tidak perlu lagi khawatir dengan adanya pelanggaran hak cipta. Kesepakatan ini dilakukan ketika Facebook sedang berupaya untuk menarik iklan dan memberikan fasilitas kepada penggunanya agar dapat mengunggah video.

Seorang analis di Pivotal Research, Brian Wieser mengatakan, kesepakatan antara Facebook dan Universal Music akan bersaing dengan YouTube dan Alphabet Inc. Karena konten video musik menjadi produk utama YouTube.

"Dengan kesepakatan ini, Facebook telah melisensikan konten dari pemain terbesar dalam genre video terbesar di YouTube," ujar Wieser dilansir Reuters, Jumat (22/12).

Dalam laporan Bloomberg menyebutkan, kesepakatan antara Facebook dengan Universal Music dilakukan beberapa hari setelah YouTube menandatangani kerja sama jangka panjang dengan Universal Music Group dan Sony Music Entertainment. Sementara, pihak Universal Music Group menyatakan, perjanjian multi tahun dengan Faceboook akan diperluas untuk mencakup konten Facebook Messenger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement