Jumat 22 Dec 2017 17:19 WIB

Baznas Luncurkan Sedekah dengan Kode QR

Rep: Novita Intan/Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta bersama Direktur Operasional PT Sydeco, Albert Downer meluncurkan Sedekah QR Code, di Jakarta, Jumat (22/12).
Foto: dok. Istimewa
Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta bersama Direktur Operasional PT Sydeco, Albert Downer meluncurkan Sedekah QR Code, di Jakarta, Jumat (22/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melakukan inovasi layanan pembayaran zakat secara digital, agar sejalan dengan gaya hidup masyarakat milenial saat ini. Kali ini, Baznas mengembangkan metode membayar zakat yang semakin praktis, hanya melalui satu tahapan yakni kode QR.

Deputi Bazna, Arifin Purwakananta mengatakan penggunaan kode QR ini merupakan yang pertama dalam layanan zakat, infak dan sedekah. Donatur cukup memindai kode yang berada di berbagai media informasi Baznas, maka zakat dan infak langsung terbayarkan.

"Masyarakat membutuhkan layanan pembayaran zakat dan infak yang mudah, karena aktivitas sehari-hari yang sudah menghabiskan waktu dan pikiran. Sehingga Baznas terus berinovasi mengembangkan cara-cara termudah dalam berbagi," katanya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Jumat (22/12).

Arifin mengatakan, masyarakat sudah menunggu fasilitas layanan kemudahan beribadah dengan memanfaatkan teknologi semacam ini, mengikuti ritme dan gaya hidup masa kini. Kemudahan pembayaran zakat dan sedekah ini menggunakan uang digital atau dompet digital. Pemindaian dapat dilakukan dari Aplikasi ZakatPay yang terdapat pada telepon genggam berbasis Android.

"Bersedekah dapat dilakukan sambil beraktivitas sehari-hari karena masyarakat dapat menemukan kode QR ini di stasiun, halte, di mal, bandara, bioskop, restoran dan tempat keramaian lainnya," katanya.

Selain untuk pembayaran zakat, infak dan sedekah, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pembayaran berbagai keperluan rutin seperti tagihan listrik, air, pembayaran JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan asuransi.

Sepanjang tahun 2017, Baznas telah melakukan berbagai inovasi pembayaran zakat secara digital melalui tiga platform. Pertama, penggalangan dana melalui platform digital milik Baznas, seperti website, fanpage Baznas, sosial media milik Baznas dan Apps Store Baznas yaitu muzaki corner.

Kedua, menggunakan platform komersial, yakni memasukkan Baznas ke berbagai platform e-commerce. Saat ini Baznas telah bisa dijumpai di Elevania.co.id, Bukalapak.com, Tokopedia.com, Kaskus.co.id, Blibli.com, Ebaba.com dan Mataharimall.com. Baznas juga menggunakan platform crowdfunding yaitu Kitabisa.com.

Platform berikutnya yang saat ini mulai dirintis adalah media sosial. Strategi ini merupakan inovasi Baznas untuk mendorong penggunaan sosial media bagi kemudahan donasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement