Sabtu 23 Dec 2017 09:20 WIB

Hasil Tangkapan Ikan di Probolinggo Melimpah

Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah pekerja menata ikan tongkol hasil tangkapan nelayan
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Sejumlah pekerja menata ikan tongkol hasil tangkapan nelayan

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Hasil tangkapan ikan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, melimpah setelah fenomena angin gending berakhir dan kini cuaca kembali normal menyebabkan tangkapan nelayan cukup banyak di perairan wilayah setempat. Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Aziz, Sabtu (23/12) mengatakan cuaca di perairan pantai utara Kabupaten Probolinggo sudah mulai normal, sehingga nelayan setempat pun mulai banyak yang berlayar mencari ikan.

"Hasilnya, tangkapan nelayan meningkat daripada sebelumnya dan jumlah tangkapan nelayan pada saat fenomena angin gending antara Juli-Oktober cukup rendah. Bahkan lebih rendah dibandingkan bulan-bulan sebelumnya," katanya.

Pada Juli 2017 tercatat total tangkapan ikan sebanyak 659,90 ton, Agustus sebanyak 1.696,10 ton, September 1.331,30 ton dan Oktober 1.156 ton dan jumlah itu lebih rendah dari jumlah tangkapan rata-rata bulan Februari-Juni sekitar 2.500 ton.

"Setelah angin gending usai, tangkapan ikan bulan November kembali normal yakni sebanyak 3.458,50 ton. Sedangkan pada Desember, kami belum bisa merilis data karena belum dilakukan rekapitulasi bulanan," tuturnya.