Kamis 28 Dec 2017 14:41 WIB

UMY Bangun Gedung Baru yang Ramah Lingkungan

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Gita Amanda
Gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Foto: umy.ac.id
Gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pembangunan gedung baru oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang rencananya akan digunakan untuk Gedung Admisi sudah mencapai tahap akhir penyempurnaan. Hal tersebut disampaikan Rektor UMY Gunawan Budiyanto dalam agenda Commissioning Test dan juga peninjauan lapangan.

Gunawan mengatakan, gedung dengan konsep Green Building yang sudah direncanakan selama dua tahun tersebut diharapkan akan dapat beroperasi pada awal tahun depan, sebagai pusat kegiatan penerimaan mahasiswa baru (Penmaru) dan juga pusat informasi UMY bagi masyarakat. Konsep Green Building yang diterapkan pada gedung ini adalah gedung ramah lingkungan yang mampu menghemat penggunaan energi, ujarnya, Kamis (28/12)

Konsep Green yang digunakan untuk gedung ini adalah meminimalkan konsumsi energi, low cost energy building. Dengan memanfaatkan berbagai teknologi terbaru yang mampu menghemat energi seperti pendingin ruangan VRV (Variable Refrigerant Volume), lampu LED, dan juga penggunaan kaca dengan emisi rendah.

"Kita juga menerapkan sistem daur ulang untuk air limbah penggunaan air sehari-hari dari wastafel dan toilet," kata dia. Gunawan juga menyampaikan bahwa bangunan hijau Gedung Admisi ini nantinya akan diajukan ke Green Building Council untuk dinilai.