Senin 01 Jan 2018 08:31 WIB

Hip Hop Diprediksi Masih Unjuk Gigi 2018

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Rapper asal Indonesia Rich Chigga
Foto: kulture
Rapper asal Indonesia Rich Chigga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada dua jenis musik yang dinilai kembali unjuk gigi di Tanah Air sepanjang 2017 ini dan kemungkinan masih berlanjut pada 2018. Keduanya adalah Electronic Dance Music (EDM) dan hip hop.

Khusus untuk hip hop, sejumlah nama melejit tahun ini. Sebut saja Rich Chigga, bersama agensi buatan Sean Miyashiro, 88Rising ini baru saja menyelesaikan tur Asia dan bersiap mengeluarkan Album bertajuk Amen pada tahun depan. Selain pria yang bernama asli Brian Imanuel, masih ada beberapa musisi hip hop Indonesia lain yang sukses dengan karyanya, terlepas dari sejumlah kontroversinya.

Menurut pengamat musik, David Tarigan, musik EDM dan hiphop beberapa tahun terakhir sedang dalam masa kejayaannya. "EDM tahun kemarin sudah merebak. Untuk hip hop memang berkembangnya baru tahun ini dan makin seru," kata David ketika dihubungi Republika.co.id, Rabu (27/12).

Dia menuturkan bahwa saat ini banyak rapper bermunculan dengan gaya yang lebih bermacam-macam dan rata-rata bagus. "Tahun ini merupakan masa terbaik untuk hiphop Indonesia," lanjutnya.