Rabu 03 Jan 2018 16:30 WIB

Masjid Syekh Zayed Sintesis Kesenian Islam dan Modern

Rep: Has/ Red: Agung Sasongko
Masjid Syekh Zayed Abu Dhabi.
Foto: mithunonthe.net
Masjid Syekh Zayed Abu Dhabi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Uni Emirat Arab (UEA) merupakan salah satu negara makmur di Asia Barat. Bangunan-bangunan menakjubkan dibangun oleh kerajaan di kawasan Teluk Persia ini.

Salah satu yang menjadi kebanggaan penduduk setempat adalah Masjid Syekh Zaid di Abu Dhabi, ibu kota UEA. Masjid ini berdiri atas inisiatif mantan presiden Uni Emirat Arab Syekh Zaid bin Sultan al-Nahyan (wafat 2004).

Darinya pula nama masjid tersebut berasal. Masjid yang terletak di daerah pantai ini merupakan masjid resmi negara.Acara-acara kerajaan UEA mengambil tempat di Masjid Syekh Zaid, khususnya yang berkaitan dengan ritual Islam.

Pembangunan Masjid Syekh Zaid menghabiskan waktu 12 tahun, yakni sejak 1996 hingga 2007. Almarhum Syekh Zaid merupakan penggagas berdirinya masjid raya ini, yang dimaksudkannya sebagai simbol pemersatu nasional UEA.

Namun, visi tokoh tersebut bukan hanya mencakup negaranya, melainkan dunia Islam pada umumnya. Syekh Zaid ingin agar masjid ini menampilkan sintesis atau perpaduan puncak kesenian Islam dan modern. Sebagai penghormatan nega ra, jasad almarhum Syeikh Zaid dimakam kan tidak jauh dari masjid yang dirintisnya ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement