Jumat 05 Jan 2018 05:32 WIB

Iran Siap Dukung Perlawanan Palestina

Rep: Marniati/ Red: Budi Raharjo
Aksi bela Palestina di San Francisco, AS
Foto: PressTV
Aksi bela Palestina di San Francisco, AS

REPUBLIKA.CO.ID,GAZA -- Wakil Kepala Biro Politik Hamas Saleh al-Arouri mengatakan sikap pemerintah Iran terhadap Palestina sangat begitu jelas dan meyakinkan. Dia menyatakan Iran tidak mengakui legitimasi Israel.

"Pemerintah Teheran siap untuk mendukung perlawanan Palestina," kata Arouri dilansir Anadolu, Kamis (4/1).Arouri juga menolak tuduhan bahwa Hamas telah bekerja untuk memperbaiki hubungan dengan Suriah dan terus berkomunikasi dengan pemerintah Damaskus. .

Dia juga menekankan bahwa Hamas berhati-hati dalam menjalin hubungan baik dengan negara-negara Teluk. "Kami tidak menjanjikan apapun pada negara-negara Teluk manapun, namun meskipun demikian, kami telah jatuh dalam posisi buruk di Teluk," katanya.

Sementara itu, dukungan AS untuk Otoritas Palestina selama tahun pertama kepemimpinan Donald Trump telah menurun ke tingkat terendah dalam dekade terakhir. Keputusan Trump yang menargetkan Otoritas Palestina pada awal tahun ini semakin menambah ketegangan pascadeklarasinya yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.