Sabtu 06 Jan 2018 02:00 WIB

Ulama Kembalikan Persoalan Azwar Anas ke PDIP

Red: Andi Nur Aminah
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.
Foto: Republika/Prayogi
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Sejumlah ulama yang mendukung pencalonan Saifullah Yusuf dalam Pilkada Jatim 2018 mengaku mengembalikan persoalan foto calon Wakil Gubernur Jawa Timur pendampingnya, Abdullah Azwar Anas, ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai parpol pengusung. "Para kiai sudah bersepakat dalam menyikapi kasus ini. Kami mengembalikan dia (Abdullah Azwar Anas, Red) ke PDIP," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien Ngasinan, Kota Kediri KH Anwar Iskandar di Kediri, Jumat (6/12).

Ia mengatakan, sejumlah ulama sudah melakukan pembicaraan menyusul beredarnya sejumlah foto yang diduga mirip Bupati Banyuwangi, yang juga calon Wakil Gubernur Jatim, pendamping Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf. Para ulama, kata dia, tetap mengutamakan persatuan dan solidaritas dari tim yang mendukung Gus Ipul untuk mengikuti Pilkada Jatim yang akan berlangsung pada 2018.

Para ulama yang mendukung juga tidak ingin ikut campur terkait dengan masalah itu. Ulama lebih menyerahkan penyelesaian persoalan tersebut ke partai pengusung, yaitu PDIP. Menurut dia, para ulama juga hanya menunggu sikap dari partai saja, termasuk apakah ke depannya partai akan mengganti dengan calon yang baru atau tetap mempertahankan pencalonan pasangan Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Abdullah Azwar Anas menganggap ada proses pembunuhan karakter terkait polemik pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Terdapat sejumlah upaya pembunuhan karakter yang sering diterima Anas dan keluarga.