Rabu 10 Jan 2018 09:35 WIB

Jelang Mendaftar, Gus Ipul Dapat Dukungan dari PKS

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Partai Keadilan Sejahtera atau PKS secara resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap bakal calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Selasan (9/1) malam. Dukungan tersebut tentunya menjadi kekuatan tambahan bagi Gus Ipul, menjelang pendaftaran ke KPU Jatim yang akan dilakukan pada Rabu (10/1).

Ketua DPW PKS Jawa Timur Arif Hari Setiawan mengungkapkan, partainya sepakat mengajukan dukungan terhadap kandidat yang diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. Bahkan, Arif mengaku, deklarasi tersebut bukan keputusan sesaat melainkan telah melalui proses yang panjang. "Komunikasi kami dengan Gus Ipul kira-kira sejak akhir 2016, jauh sebelum teman-teman partai lain bergabung dengan beliau," kata Arif.

Arif juga mengaku, dukungan partai yang digelontorkan kepada Gus Ipul merupakan arahan dari para kiai yang mengusungnya. Ia mengakui, keputusan ini baru diambil lantaran menyadari posisi PKS yang hanya memiliki 6 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur. "Jadi, kami berikan kesempatan kepada beliau untuk memenuhi syarat terlebih dahulu dengan bergabungnya partai-partai lain," ujar Arif.

Keputusan PKS tersebut sekaligus menegaskan bahwa pergelaran Pilgub Jatim 2018 hanya akan diikuti dua pasangan calon. Kedua pasangan calon yang dimaksud adalah pasangan Gus Ipul dengan calon wakilnya yang belum diumumkan, serta pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.