Senin 15 Jan 2018 11:18 WIB

Oso Dipecat, Marsekal Madya Daryatmo Jadi Plt Ketum Hanura

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Partai Hanura menggumumkan pemberhentian Oesman Sapta Odang (OSO) dari Jabatan Ketua Umum Partai di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Senin (15/1)
Foto: Zahrotul Oktaviani
Partai Hanura menggumumkan pemberhentian Oesman Sapta Odang (OSO) dari Jabatan Ketua Umum Partai di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Senin (15/1)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Hanura memberhentikan Oesman Sapta Odang (Oso) dari jabatan ketua umum partai, setelah adanya mosi tidak percaya dari 27 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Hanura. Sekjen Partai Hanura Sarifuddin Sudding memastikan, dukungan Hanura terhadap pemerintahan Jokowi tidak akan berubah.

"Oh enggak, enggak (berubah), iya pasti," kata Sudding di Hotel Ambhara, Jakarta, Senin (15/1).

Sementara itu terkait koalisi, Ketua DPP Partai Hanura, Rufinus Hutauruk mengatakan akan dibicarakan dengan internal partai lebih lanjut dalam musyawarah nasional luar biasa (munaslub) yang rencananya akan digelar pada pekan depan.

"Munaslub diharapkan satu minggu ini selesai, itu tadi keputusan," kata Rufinus.

Sebelumnya, Partai Hanura menggelar rapat kepengurusan DPP Partai Hanura menyikapi permintaan DPD seluruh Indonesia untuk tentang adanya mosi tidak percaya. Posisi Oso kini digantikan sementara oleh Marsekal Madya (Purn) Daryatmo.

"Saya siap melaksanakan tugas plt karena dilandasi rasa tanggung jawab saya kepada partai. Saya tidak punya keinginan apa-apa kecuali ingin memberikan kontribusi yang terbaik dari yang saya miliki," ujar Daryatmo dalam konferensi pers di Hotel Ambhara, Senin (15/1).

Dalam rapat tersebut dijelaskan mengenai pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan oleh OSO selama satu tahun terakhir. Hal ini dikatakan sudah pernah dilaporkan kepada Sekjen Hanura Sarifuddin Sudding namun tidak ada respon.

Mosi tidak percaya sendiri dilaporkan oleh 27 DPP tingkat Provinsi dan kurang lebih 400 DPC tingkat kabupaten / kota. Mengenai pergantian ketua umum nantinya, dikatakan akan dilakukan secepatnya atau dalam kurun waktu satu minggu dari hari ini. Mengenai persiapan dan kegiatan tersebut semuanya menjadi tugas Plt ketua umum Daryatmo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement