Kamis 18 Jan 2018 12:31 WIB

Susi Minta Pabrik Surimi Hargai Putusan Cantrang

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Foto: NTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meminta produsen alat tangkap ikan cantrang, Pabrik Surimi menghargai keputusan pemerintah. Hal itu terkait peralihan kapal cantrang ke alat penangkapan ikan yang lain.

Susi menegaskan saat ini pemerintah ingin menuju kepada penyelesaian pengalihan alat tangkap cantrang. "Saya tidak mau bicara cantrang lagi. Kita move on. Pabrik surimi harus menghargai ini, mereka harus mulai diversifikasi usahanya," kata Susi di Kementerian KKP, Kamis (18/1).

Dia mengatakan pemerintah saat ini betul-betul fokus untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa dengan keberlanjutan sebagai dasar utamanya. "Pengusaha yang tidak mau move on bukan pengusaha zaman now," ujar Susi.

Susi menilai, seharusnya pengusaha zaman sekarang memiliki kepedulian dan bekerja untuk keberlanjutan usahanya. Termasuk juga keuntungan dan produksinya, sebab Susi mengatakan saat ini nelayan sudah mau mengerti untuk tidak menggunakan alat tangkap cantrang.