Jumat 19 Jan 2018 20:25 WIB

Aisyiyah Perhatikan Tumbuh-Kembang Anak dan Panti

Aisyiyah adalah organisasi perempuan yang pertama kali mengadakan baby show (kontes b

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Fernan Rahadi
logo aisyiyah
logo aisyiyah

REPUBLIKA.CO.ID, Aisyiyah memiliki perhatian besar terhadap tumbuh kembang anak. Berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan aspek pendidikan dan kesehatan anak pun disusun dan diimplementasikan. Tercatat, Aisyiyah adalah organisasi perempuan yang pertama kali mengadakan baby show (kontes bayi sehat).

Kontes bayi sehat ini dimaksudkan  agar masyarakat mempunyai perhatian terhadap kesehatan anak. ‘’Waktu itu, Aisyiyah sudah memperhatikan pertumbuhan anak termasuk asupan gizi. Jadi sejak dulu Aisyiyah juga sudah mencegah adanya stunting,’’ kata Ketua PP Aisyiyah, Shoimah Kastolani.

Terlebih saat ini di mana berbagai persoalan menyangkut anak juga kian berkembang, menjadi keprihatinan jajaran pengurus Aisyiyah. Mulai dari maraknya maraknya kekerasan bahkan perkosaan terhadap anak. Kondisi tersebut kemudian dibahas secara khusus dalam Rakernas PP Aisyiyah sekaligus meluncurkan Gerakan Aisyiyah Cinta Anak (GACA).

‘’Kita juga mengeluarkan buku panduan untuk  GACA dan diteruskan dengan mengadakan pelatihan relawan. Sehingga jika ada kekerasan supaya segera dapat ditindaklanjuti oleh para relawan,’’ jelas Shoimah.