Kamis 25 Jan 2018 05:25 WIB

Korea Sediakan Layanan Penerjemahan dari Bahasa Indonesia

Layanan wisata Korea kini tersedia dalam bahasa Indonesia.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Hwaseong Fortress, salah satu tempat tujuan wisata di Suwon, Korea Selatan
Foto: Yonhapnews
Hwaseong Fortress, salah satu tempat tujuan wisata di Suwon, Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahasa sering kali jadi salah satu permasalahan ketika melancong ke luar negeri, salah satunya Korea. Hal ini kemudian melahirkan solusi hotline 1330 yang bisa membantu dalam penerjemahan bahasa Korea.

Dilansir siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (24/1), Korea Tourism Organization (KTO) menyampaikan kini pusat layanan wisata Korea 1330 telah memperluas layanan interpretasinya menjadi delapan bahasa. Pelengkapan layanan ini bisa dinikmati sejak 22 Januari, 2018 lalu.

 

"Tujuannya adalah untuk membantu mempermudah kegiatan wisatawan asing yang sedang berlibur di Korea," kata KTO.

 

Hotline 1330 dioperasikan oleh KTO sejak tahun 1999. Sebelumnya, layanan interpretasi yang melayani wisatawan selama 24 jam secara gratis ini hanya menyediakan layanan empat bahasa yaitu Korea, Inggris, Jepang dan Cina.

 

Mulai 22 Januari lalu, layanan interpretasi tersebut berkembang menjadi delapan bahasa, dengan tambahan layanan bahasa Rusia, Vietnam, Thailand dan Malay-Indonesia. Namun, untuk empat bahasa tambahan tersebut masih beroperasi dari jam delapan pagi sampai jam tujuh malam.

 

Secara bertahap layanan tersebut akan beroperasi untuk 24 jam, dan tentu saja gratis. Layanan panduan wisata multi-bahasa ini diharapkan akan sangat berkontribusi dalam membangun sistem panduan untuk diversifikasi pasar wisatawan ke Korea.

 

Melihat perkembangan pasar wisatawan asing ke Korea, kehadiran layanan tersebut diharapkan membuat wisatawan asing semakin nyaman selama berada di Korea. Empat bahasa tambahan merupakan bukti peningkatan wisatawan dari negara tersebut.

 

Januari sampai November tahun lalu, jumlah wisatawan yang mengunjungi Korea dari Rusia sekitar 249 ribu wisatawan, dari Vietnam sekitar 300 ribu wisatawan, sekitar 438 ribu dari Thailand, dan sekitar 471 ribu dari Indonesia dan Malaysia.

 

Layanan interpreter 1330 juga dikembangan menjadi pusat layanan khusus untuk Olimpiade Musim Dingin PyeongChang sejak bulan Desember tahun lalu. Tugasnya untuk menyediakan infomasi kepada penonton Olimpiade.

 

Ruang lingkup panduan ini mencakup informasi tentang Olimpiade, akomodasi, makanan, transportasi, berbagai acara kebudayaan dan lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai hal ini bisa diperoleh di laman resmi KTO Jakarta www.visitkorea.or.id atau www.visitkorea.or.kr

 

 

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement