Jumat 26 Jan 2018 13:05 WIB

Ini Sosok Jusuf Kalla di Mata Menteri Agama

JK merupakan tokoh bangsa yang banyak mengukuhkan perdamaian di Indonesia.

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Jusuf Kalla - Wakil Presiden
Foto: Republika/ Wihdan
Jusuf Kalla - Wakil Presiden

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKASAR -- Menteri Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla merupakan sosok tokoh bangsa yang banyak mengukuhkan perdamaian di Indonesia. Hal ini disampaikan Lukman saat memberikan sambutan dalam penganugerahan gelar Doktor Kehormatan kepada Jusuf Kalla di Auditorium Kampus 2 UIN Alauddin Makassar, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (25/01).

"Muhammad Jusuf Kalla, salah seorang tokoh bangsa yang banyak berjasa dalam mengukuhkan perdamaian di Tanah Air. Beliau tidak hanya berteori dan berwacana, tetapi dengan langkah-langkah nyata berkontribusi mewujudkan perdamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Lukman.

Menurut Lukman, sebagai seorang muslim yang taat Jusuf Kalla memahami betul esensi ajaran agama yang mengajak umat manusia untuk hidup dengan aman dan damai. Karena itu, menurut Lukman, di tengah merebaknya fenomena kekerasan dan tebar kebencian, semua pihak harus berani menyuarakan pesan-pesan perdamaian.

Ia mengatakan, ketika umat Islam diminta untuk saling menebar salam itu berarti tidak ada tempat di dalam Islam bagi kekerasan dan kebencian, sehingga setiap orang harus bisa menjadi duta perdamaian di lingkungan masing-masing.

"Inilah pelajaran yang bisa kita petik dari keteladanan Bapak Jusuf Kalla. Tebar kedamaian akan melahirkan cinta dan kasih sayang, sekaligus membuang jauh-jauh rasa kebencian dan permusuhan," kata Lukman.

(Baca: JK Dapat Gelar HC Bidang Sosiologi Agama)

Sebelumnya diberitakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapatkan gelar Doktor Kehormatan bidang sosiologi agama dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar atas prestasinya dalam menciptakan perdamaian dan penyelesaian konflik di berbagai wilayah.

"Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Wapres Jusuf Kalla yang telah bersedia menerima gelar Doktor Kehormatan dari UIN Alauddin Makassar dalam bidang Sosiologi Agama," Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Musafir Pababbari dalam Sidang Senat Luar Biasa penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan kepada Jusuf Kalla di Auditorium Kampus 2 UIN Alauddin Makassar, Kamis (25/01).

Acara penganugerahan gelar Doktor Kehormatan untuk Jusuf Kalla tersebut dihadiri Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Pimpinan PTKI, Dirjen Pendidikan Islam, Dirjen Bimas Islam dan segenap civitas akedemika UIN Alauddin Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement