Kamis 01 Feb 2018 16:20 WIB

Menyiapkan Transportasi Premium Bagi Warga Bekasi

Selama ini sarana transportasi massal tidak dibuat secara sinergi dengan hunian

Red: Hiru Muhammad
Para pengguna kendaraan pribadi diharapkan beralih menggunakan layanan angkutan massal premium
Foto: dok adhi
Para pengguna kendaraan pribadi diharapkan beralih menggunakan layanan angkutan massal premium

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Keberadaan sarana transportasi yang terintegrasi dengan kawasan hunian modern menjadi kebutuhan mutlak masyarakat perkotaan. Hal itu diharapkan mampu mengurangi kebiasaan masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke sarana transportasi umum yang nyaman.

Konsep tersebut tampak pada kerjasama PT Adhi Persada Properti (APP) dengan Perum PPD, yang membuka layanan Transjabodetabek premium Perum PPD. Layanan tersebut menempuh rute dari titik Grandhika City (GDC) Lifestyle, Jatiwarna, Bekasi. 

Dengan titik awal pemberangkatan dari GDC Life Style, PPD akan menyediakan 2 rute. Yaitu GDC Life Style Jatiwarna - Plaza Senayan, serta rute GDC Life style Jatiwarna - Mall Ciputra Grogol. Sebelumnya, APP juga telah membuka rute dari salah satu proyek APP lainnya, yaitu rute  GDC Bekasi Timur - Paragon.

Menurut Bambang Prihantono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, pihaknya ingin memberikan layanan kepada masyarakat menengah ke atas yang selama ini lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja. "Jalan tol di Jabodetabek terutama di pagi hari sudah jenuh dan harus mencari solusi," katanya.

Selama ini sarana transportasi massal yang ada tidak dibuat secara sinergi dengan kawasan hunian. Padahal penyediaan sarana transportasi membutuhkan investasi yang tidak kecil dan harus disiapkan pemerintah. Dengan pembangunan Jakarta yang pesat ini, bisnis transportasi cukup menguntungkan bagi investasi. 

Pande Putu Yasa, Direktur Utama Perum PPD menyatakan bus PPD premium tersebut selain dilengkapi penyejuk udara juga fasilitas wifi, jarak tempat duduk yang nyaman, tempat duduk khusus wanita, pengemudi yang bersertifikat dan fasilitas lainnya.

Untuk tarif promo sebesar Rp 10 ribu rupiah dari tarif normal yang berkisar antara Rp 20 hingga 25 ribu rupiah. Pihaknya berharap sampai bulan ini 100 armada bus AC akan beroperasi.  "Kalau animo bagus tarif akan kita sesuaikan," katanya. 

Agus Sitaba, Direktur Utama PT Adhi Persada Properti menyatakan, fasiltas transportasi massal akan meningkatkan nilai jual investasi properti setempat. Hal itu cukup strategis dalam membangun hubungan bisnis antara kota penyangga dengan pusat kota.

Di masa mendatang,  trayek dapat disesuaikan dengan jalur-jalur menuju  stasiun LRT, sehingga memudahkan masyarakat menuju pusat kota.

Grandhika City Lifestyle, adalah kawasan mixed used yang dikembangkan  APP. Di atas lahan seluas 41.498 meterpersegi kawasan ini terintegrasi dengan beberapa gedung apartemen, mall, dan juga hotel.

Dengan adanya rute Transjabodetabek Premium ini, akan memudahkan penghuni untuk menuju pusat bisnis di Jakarta. Rute Transjabodetabek ini, akan dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar Jatiwarna, sehingga mampu mengurangi kemacetan di Jalan TOL JOR.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement