Selasa 06 Feb 2018 15:17 WIB

Kredit Koperasi bank bjb Sukses Bangkitkan KUD Puspa Mekar

KUD Puspa Mekar nyaris gulung tikar karena terjerat utang.

Red: Sandy Ferdiana
Optimalisasi layanan bank bjb untuk nasabah.
Foto: Istimewa
Optimalisasi layanan bank bjb untuk nasabah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Koperasi Unit Desa (KUD) Puspa Mekar di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat nyaris gulung tikar karena terlilit utang. Program kredit koperasi yang tersedia di bank bjb (PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten) berhasil menyelamatkan KUD Puspa Mekar.  

Perjalanan KUD Puspa Mekar berawal tahun 1999. Saat itu KUD Puspa Mekar berdiri dan menjalankan kegiatan usaha pada bidang penampungan susu sapi di Desa Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat. Saat berdiri, ada lima orang pengurus KUD Puspa Mekar. Para pengurus memberdayakan sumber tenaga dari peternak susu sapi setempat.

Namun, kisah minor kemudian hadir karena pada 2004, koperasi terlilit utang sangat besar, yakni Rp 2,5 miliar. Perjalanan bisnis yang semula direncanakan sistemik, justru berlangsung dengan tidak baik dan koperasi dinyatakan kolaps.

Kenyataan tersebut membuat keempat pengurus kemudian memilih pergi meninggalkan koperasi. Hanya seorang pria bernama Djatnika yang tersisa. Djatnika sebagai subjek tunggal penggerak keberlangsungan kegiatan usaha koperasi.