Selasa 06 Feb 2018 20:33 WIB

Pembangunan Infrastruktur tak Boleh Asal Bangun

Standar K3 suatu proyek di lapangan tidak boleh terlupakan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta pembangunan infrastuktur tetap mengutamakan standar kesehatan, keselamatan, keamanan kerja (K3) dan kualitas pengerjaan. Hal ini agar tidak terjadi kembali kecelakaan kerja dalam proses pembangunan infrastuktur maupun peristiwa yang mengakibatkan kecelakaan.

"Meskipun kita dikejar target pembangunan yang didukung DPR, jangan sampai lupakan standar K3 suatu proyek di lapangan. Jangan sampai ada pekerjaan di bawah itu yang akibatkan kecelakaan, karena itu kualitas dari tiap pekerjaan jadi salah satu bentuk komitmen," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (6/2).

Namun demikian, ia belum dapat menyimpulkan terkait kecelakaan kerja maupun musibah dari pembangunan infrastuktur yang terjadi beberapa waktu terakhir ini apakah karena pengerjaan yang terburu-buru. Menurutnya, harus dilakukan investigasi dari kecelakaan yang terjadi dalam interval singkat tersebut.

"Kita enggak bisa katakan kesimpulan lebih awal sebelum diteliti, bisa jadi karena faktor alam, faktor cuaca, bisa juga kendali building karena bisa jadi karena tanah longsor. Penelitian kaitannya dengan audit keselamatan K3 dari tiap proyek," ujar Taufik.