Kamis 08 Feb 2018 04:58 WIB

Banyak Anak PKI di FPI? Sobri Lubis: Hasto Pendusta

Sobri Lubis menegaskan, Habib Rizieq tidak pernah menyatakan di FPI banyak anak PKI.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Umum Front Pembela Islam KH Ahmad Sobri Lubis (kanan).
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Ketua Umum Front Pembela Islam KH Ahmad Sobri Lubis (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), KH Ahmad Sobri Lubis menilai Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristianto memberikan keterangan palsu saat menjadi saksi di persidangan ustaz Alfian Tanjung di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (7/2). Keterangan palsu yang disampaikan Hasto, yakni  soal banyak anak PKI di dalam FPI.

Hasto mengklaim mendengarkan perkataan itu langsung dari mulut imam besar FPI, Habib Rizieq Shihab. "Hasto pendusta. Dia beri keterangan palsu dalam sidang Ustaz Alfian Tanjung, dengan menyatakan bahwa Habib Rizieq sebut banyak anak PKI di FPI," kata Sobri Lubis, Rabu (7/2).

Ia mengingatkan kepada Hasto agar berhati-hati karena bisa dikenakan pasal terkait keterangan palsu di pengadilan. Sobri Lubis menegaskan, Habib Rizieq tidak pernah menyatakan di FPI banyak anak PKI. Baik di depan Hasto mau pun di belakang Hasto, bahkan dimana pun dan kapan pun.

Ia mengungkapkan saat Hasto datang menemui Habib Rizieq di Markaz Syariah Mega Mendung Bogor sekitar akhir Januari 2017 lalu, dihadiri juga oleh Wakil Ketum FPI KH Ja'far Shiddiq. Dia mengatakan, saat itu Hasto mengklarifikasi dan minta maaf tentang pidato Megawati yang diprotes umat Islam karena mengandung penistaan terhadap ajaran Islam.