Kamis 15 Feb 2018 23:23 WIB

Mahasiswa Dorong Pemerintah Gunakan Energi Terbarukan

Meskipun untuk merealisasikan membutuhkan investasi yang tidak kecil

Red: Hazliansyah
Energi terbarukan/ilustrasi.
Foto: abc
Energi terbarukan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip UI, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Trisakti menginginkan pemerintah segera menggunakan energi terbarukan untuk pembangkit listrik. Meskipun untuk merealisasikan membutuhkan investasi yang tidak kecil.

"Secara bertahap pemerintah harus segera membangun pembangkit menggunakan energi terbarukan mengingat potensi di Indonesia sangat besar, seperti pembangkit panas bumi, pembangkit surya, pembangkit air, serta gelombang laut," kata Ketua BEM Politeknik Negri Jakarta (PNJ), Andy Setya Utama.

Sudah sepatutnya dalam program penyediaan listrik 35.000 MW dibarengi dengan kebijakan pembangkit listrik menggunakan energi terbarukan, mengingat banyak negara yang sudah menerapkan hal tersebut.

Persoalan energi ini mengemuka dalam diskusi mahasiswa bertema "Energi dan Kita" menghadirkan sebagai pembicara Andy Setya Utama, Fuadil Ulum (Ketua BEM FISIP Universitas Indonesia) dan Liven Hopendy (Ketua BEM Universitas Trisakti, dipandu pemerhati energi Anang Aenal Yaqin.