Senin 19 Feb 2018 23:05 WIB

De Boer Buka Rahasia Soal Ruang Ganti Inter yang Kacau

Ia mengungkapkan, pengalaman terburuknya sebagai pelatih terjadi di Inter.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Frank De Boer
Foto: EPA/DANIEL DAL ZENNARO
Frank De Boer

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Mantan pelatih Inter Milan Frank De Boer membeberkan kegagalanya ketika menangani La Beneamata. Ia mengaku kala itu Inter memiliki sebuah blok di ruang ganti dan para pemain saling menjatuhkan sama lain.

"Saya memiliki lebih banyak masalah di Italia dan itu bukan hanya karena bahasa, tapi juga cara mentransmisikan pesan dan gagasan saya," kata De Boer kepada Ziggo Sport disadur Football Italia, Senin (19/2).

De Boer menjabat sebagai pelatih I Nerazzurri menggantikan peran Roberto Mancini dua pekan sebelum musim 2016/2017 dimulai. Namun, perjalanan eks pemain Barcelona tersebut tak lama. Dirinya dipecat manajemen Inter pada 1 November 2016 setelah Inter menelan kekalahan atas Sampdoria pada lanjutan giornata ke-11 Serie A Italia musim itu.

Usai mengarungi masa-masa kelam bersama Inter, dirinya mencoba peruntungan di Negeri Ratu Elizabeth. De Boer akhirnya sepakat menangani tim kuda hitam Crystal Palace. Lagi-lagi, perjalannya tak lama dan ia kembali angkat koper.

Namun, pria 49 tahun mengungkpan, pengalaman terburuknya sebagai pelatih terjadi ketika menangani Inter Milan.

"Cara berpikir kami (Belanda) jauh lebih mirip dengan Inggris, sedangkan di Inter semuanya didasarkan pada sentimen. Mereka bahkan membentuk satu blok tujuh atau delapan pemain dan sisanya mencoba menjatuhkan mereka," kata De Boer.

Bagi De Boer hal tersebut sangatlah kacau, semua pemain dapat melakukan apa yang mereka inginkan. "Ketika saya mencoba mengajarkan sepak bola berbasis Inter play base, itu tak berjalan. Saya belum pernah melihatnya seperti ini. Pemain tim muda di Ajax jelas melakukannya dengan lebih baik. Saya tidak mengharapkan itu terjadi, bahkan dalam pelatihan, mereka menyerah pada rutinitas awal dan tidak melihat intinya," sambung dia.

Inter saat ini tengah mengalami periode sulit setelah baru saja menelan kekalahan 0-2 atas Genoa. Meski masih menempati zona Liga Champions di posisi keempat namun bukan tidak mungkin dengan performa yang terus menurun Nerazzurri bisa terlempar dari perebutan tiket Eropa untuk musim depan.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Napoli Napoli 6 4 1 1 11 7 13
2 Juventus Juventus 6 3 3 0 9 9 12
3 AC Milan AC Milan 6 3 2 1 14 7 11
4 Inter Inter 6 3 2 1 13 6 11
5 Torino Torino 6 3 2 1 10 2 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement