Rabu 21 Feb 2018 08:19 WIB

Hujan Diprediksi Guyur Jabar Siang dan Malam Ini

Diperkirakan hujan sedang disertai angin kencang.

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hampir seluruh wilayah Jabar diguyur hujan pada Rabu (21/2) siang dan malam hari. Laman resmi BMKG menjelaskan hujan diperkirakan turun dengan intensitas sedang.

"Waspada terjadinya hujan sedang disertai angin kencang, kilat/petir di wilayah Bogor, Cianjur, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Ciamis, Banjar dan Sumedang, pada siang hingga malam hari," demikian peringatan di laman resmi BMKG.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Bandung mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi angin kencang selama beberapa hari ke depan di wilayah Jawa Barat.

Dalam siaran tertulis dari BMKG Bandung, secara umum kecepatan angin yang bertiup dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan 05-30 kilometer perjam. Angin kencang itu dipicu akibat terbentuknya dua siklon tropis yang terjadi di Australia yakni siklon Kelvin di wilayah Australia barat dan siklon Gita di wilayah timur Australia.

Prakirawan BMKG Bandung, Yadi Hendarmin mengatakan, keberadaan dua siklon yang terjadi di Australia bukan kategori ekstrem, namun perairan Indonesia khususnya di bagian selatan hanya akan terkena dampak berupa embusan angin kencang.

"Bergerak menjauhi wilayah Indonesia ke arah tenggara benua Australia. Sehingga tidak perlu khawatir dampak cuaca buruk akan melanda wilayah di Indonesia," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement