Kamis 22 Feb 2018 16:59 WIB

Peneliti Jepang Ciptakan Pisang yang Bisa Dimakan Kulitnya

Pisang tersebut diklaim rasanya seperti sayuran, manis dan aman dimakan.

Red: Ani Nursalikah
Kulit pisang Mongee dikatakan memiliki tekstur seperti selada, sedangkan buahnya sendiri tinggi gula.
Foto: ABC
Kulit pisang Mongee dikatakan memiliki tekstur seperti selada, sedangkan buahnya sendiri tinggi gula.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sebuah perusahaan di Jepang telah berhasil menciptakan pisang yang tidak perlu Anda kupas sebelum dimakan.Pisang mongee (diucapkan 'mon-gay' yang berarti 'menakjubkan') memiliki kulit yang bisa dimakan.

Pisang tersebut diklaim rasanya seperti sayuran dan memiliki tekstur seperti selada. Pisang ini telah menjadi usaha penuh cinta bagi Setsuzo Tanaka berusia 68 tahun dari Prefektur Okayama yang telah menghabiskan waktunya selama 40 tahun terakhir menyempurnakan teknik menumbuhkan pisang Mongee ini.

Bibit-bibit pisang dibekukan, kemudian dicairkan dan ditanam kembali, dimana perusahaannya, D & T Farm, menyebut metode ini sebagai freeze-thaw awakening. "Sel pertumbuhan pisang secara perlahan didinginkan hingga -60 derajat Celcius dan dicairkan untuk membangkitkan vitalitas tanaman asli," ujar juru bicara perusahaan Tetsuya Tanaka.

Menurut D & T Farm, proses tersebut membuat tanaman tumbuh dengan cepat, memotong proses budidaya tanaman pisang yang biasanya memerlukan waktu dua tahun menjadi hanya enam bulan saja. Pisang matang dengan cepat, menyebabkan kulitnya tipis, lentur dan dapat dimakan.